PERANAN INTERNET
DALAM PRESTASI BELAJAR SISWA
BAB
I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Internet merupakan
teknologi masa kini yang mempunyai peran sangat penting di era globalisasi. Internet
bagaikan sebuah perpustakaan dunia yang bisa kita akses dengan mudah segala
kebutuhan yang kita perlukan. Internet mempunyai jaringan data yang mendunia,
seseorang bisa mengakses dengan bebas didalam internet sesuai kehendaknya.
Bahkan tidak sedikit
orang yang mengatakan bahwa internet merupakan dunia baru yang didalamnya
meliputi dari mulai dunia ekonomi, politik, pendidikan, dan lain-lain.
Khususnya di dalam dunia pendidikan internet memberikan suatu akses data yang
dapat memudahkan proses belajar-mengajar. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa
dalam penggunaan internet dalam pembelajaran menjadi suplemen yang bermanfaat
dan memiliki pengaruh positif terhadap penyelesaian tugas-tugas siswa, serta
kegiatan internet lebih holistic dibandingkan dengan media lainnya seperti
CD-Rom. Selain itu, penggunaan internet mendorong terjadinya kolaborasi
pembelajaran antara siswa atau kelas antara satu sekolah dengan sekolah lainnya
dengan menembus batas ruang dan waktu.
Berdasarkan fakta yang
berkembang sekarang ini, sebagian besar siswa lebih menyukai menggunakan
internet untuk memenuhi tugas mereka dari pada dengan menggunakan buku sebagai
sumber pemenuhnya. Hal ini disebabkan oleh bahwa internet memberikan suatu
fasilitas layanan yang murah dan mudah sehingga siswa tidak perlu membaca
hal-hal yang tidak ia butuhkan, hal ini bisa memberikan suatu kenyamanan kepada
siswa karena melihat kondisi siswa yang disibukan oleh banyak tugas sekolah
yang harus diselesaikan sehingga dengan adanya internet ini siswa bisa
mengerjakan tugas-tugas mereka dengan cepat tanpa harus membuang waktu lama.
Selain dari pada itu, bagi pihak sekolah dengan adanya internet ini maka segala
proses belajar mengajar antara siswa dengan guru bisa dilakukan dengan mudah
dan bisa melakukan perbandingan kualitas sekolah dengan sekolah lainnya.
Melihat uraian diatas, pada kesempatan
ini penulis ingin menjabarkan tentang Pengaruh Teknologi Internet Terhadap
Prestasi Siswa , hal ini didasarkan dengan banyaknya penggunaan internet
dikalangan siswa.
I.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah diatas, penulis dapat mengambil rumusan masalah sebagai berikut :
Dari latar belakang masalah diatas, penulis dapat mengambil rumusan masalah sebagai berikut :
1) Bagaimana
perkembangan internet di Indonesia ?
2) Apakah
pengaruh internet terhadap prestasi siswa ?
3) Apa manfaat dan dampak penggunaan internet
terhadap prestasi siswa ?
4) Bagaimana
permasalahan internet dalam pendidikan ?
I.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah sebagai berikut :
1) Untuk
mengetahui sejauh mana perkembangan internet di Indonesia.
2) Untuk
mengetahui pengaruh internet terhadap prestasi siswa.
3) Untuk mengetahui manfaat dan dampak dari
penggunaan internet terhadap prestasi siswa.
4) Untuk
mengetahui permasalahan internet terhadap dunia pendidikan.
I.4 Manfaat Penulisan
a.
Bagi Penulis
Untuk
menambah pengetahuan dan berbagai sarana untuk menerapkan pengetahuan yang
diperoleh di bangku kuliah terhadap masalah nyata yang dihadapi oleh dunia
pendidikan yaitu Internet.
b.
Bagi Sekolah
Laporan ini diharapkan
dapat memberikan masukan pada pihak sekolah, yang dapat digunakan sebagai bahan
pertimbangan dalam memacu belajar siswa dalam meningkatkan hasil prestasi yang
lebih baik.
c.
Bagi Pengembangan Keilmuwan
Dapat digunakan
sebagai bahan untuk mengembangkan pengetahuan serta bahan perbandingan bagi
pembaca yang akan melakukan penelitian.
BAB II
PEMBAHASAN
II.1 Perkembangan Internet di Indonesia
Pada zaman sekarang ini, internet bukanlah sesuatu yang
sangat istimewa sebagaimana pada waktu pertama kalinya internet keluar. Bahkan
teknologi internet tidak hanya dinikmati oleh kalangan cendikiawan atau pelajar
saja. Anak usia SD pun pada zaman sekarang ini sudah mengenal teknologi
internet. Teknologi informasi ini telah membuka sebuah dunia baru, interaksi
baru, dan sebuah jaringan dunia tanpa batas. Disadari atau tidak internet ini
telah melakukan revolution exchange didalam masyarakat, tingkat pertumbuhan
pengguna internet juga menunjukan angka yang sangat fantastik, bahkan internet
telah menjadi bagian kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari terutama dikalangan
pelajar yang sehari-harinya diliputi oleh tugas-tugas yang tidak bisa
diselesaikan hanya dengan membaca buku yang banyak yang tentunya akan membuang
waktu yang lama.
Walaupun Indonesia masih dalam tahap awal perkembangan pasar
internet, namun peningkatan jumlah pelanggan internet yang ada saat ini
menunjukkan peluang pasar internet yang cukup besar. Hal yang utama bagi
pengguna internet Indonesia adalah akses yang murah dan cepat sehingga mereka bisa
menikmati perkembangan teknologi informasi, terutama user internet di tingkat
masyarakat daerah.
II.2 Pengaruh Internet Terhadap Prestasi
Siswa
a.
Pengertian Prestasi
Menurut
Adi Negoro, prestasi adalah segala jenis pekerjaan yang berhasil dan prestasi itu
menunjukan kecakapan suatu bangsa. Kalau menurut W.J.S Winkel Purwadarminto,
Prestasi adalah hasil yang dicapai. Dari pernyataan diatas dapat kita simpulkan
bahwa prestasi itu adalah segala usaha yang kita lakukan semaksimal mungkin
dengan hasil yang memuaskan.
b.
Pengertian Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah hasil belajar yang
telah dicapai berdasarkan kemampuan yang kita miliki yang ditandai dengan suatu
perkembangan serta perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang diperlukan
dari belajar dengan waktu tertentu yang dapat dinyatakan dalam bentuk nilai dan
hasil tes atau ujian yang dilakukan terhadap seseorang.
II.3 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Prestasi
Segala aktifitas atau kegiatan yang kita lakukan tentu
terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik yang cenderung mendorong
maupun menghambat. Begitu pula didalam belajar yang pada akhirnya akan
mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapun faktor-faktor tersebut adalah sebagai
berikut :
1.
Faktor Internal
Faktor Internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri kita sendiri (siswa) yang mendorong seorang siswa untuk melakukan sesuatu.
Faktor Internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri kita sendiri (siswa) yang mendorong seorang siswa untuk melakukan sesuatu.
a.
Faktor Intelegensi
Intelegensi
dalam arti sempit adalah kemampuan untuk mencapai prestasi di sekolah yang
didalamnya berpikir perasaan. Intelegensi ini memegang peranan penting bagi
prestasi belajar siswa. Karena tingginya peranan intelegensi dalam mencapai
prestasi belajar maka guru harus memberikan perhatian yang sangat besar
terhadap bidang studi yang banyak membutuhkan berpikir secara rasional untuk mata
plajaran matematika, fisika dan kimia.
b.
Faktor Minat
Minat
adalah kecenderungan yang mantap dalam subyek untuk merasa tertarik pada bidang
tertentu. Siswa yang kurang minat dalam pelajaran tertentu akan menghambat
dalam belajar.
c.
Keadaan Fisik dan Psikis
Keadaan
fisik menunjukan pada tahap pertumbuhan, kesehatan jasmani, keadaan alat-alat
indera dan lain-lain. Keadaan psikis menunjukan pada keadaan stabilitas / labilitas
mental siswa karena fisik dan psikis yang sehat sangat berpengaruh positif
terhadap kegiatan belajar mengajar dan sebaliknya.
2.
Faktor Eksternal
Faktor
eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa yang mempengaruhi
prestasi belajar siswa. Faktor eksternal ini bisa hambatan yang berasal dari luar
maupun dorongan yang berasal dari luar diri siswa.
a.
Faktor Guru
Guru
sebagai tenaga berpendidikan memiliki tugas menyelenggarakan kegiatan belajar
mengajar, membimbing, melatih, mengolah, meneliti dan mengembangkan serta
memberikan pelajaran teknik karena setiap guru harus memiliki kewenangan dan
kemampuan profesional, kepribadian, dan kemasyarakatan. Guru juga mempunyai
fleksibilitas yang tinggi yaitu pendekatan dedikatif dan gaya memimpin kelas
yang selalu disesuaikan dengan keadaan, situasi kelas yang diberi pelajaran,
sehingga dapat menunjang tingkat prestasi siswa semaksimal mungkin.
b.
Faktor Lingkungan Keluarga
Lingkungan
keluarga turut mempengaruhi kemajuan hasil kerja, bahkan mungkin dapat
dikatakan menjadi faktor yang sangat penting, karena mendukung situasi belajar
seperti kericuhan keluarga, kurang perhatian orang tua, kurang perlengkapan
belanja akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya belajar.
c.
Faktor Sumber-Sumber Belajar
Salah
satu faktor yang menunjang keberhasilan dalam proses belajar adalah tersedianya
sumber belajar yang memadai. Sumber belajar itu dapat berupa media / alat bantu
belajar serta bahan baku penunjang. Alat bantu belajar merupakan semua alat yang
dapat digunakan untuk membantu siswa dalam melakukan perbuatan belajar. Maka
pelajaran akan lebih menarik, menjadi konkret, mudah dipahami, hemat waktu dan
tenaga serta hasil yang lebih bermakna.
Pada
saat ini sumber-sumber belajar dapat diperoleh dari dunia maya. Perkembangan
internet, handphone, maupun media lainnya sangat besar pengaruhnya terhadap
prestasi belajar siswa. Materi-materi pembelajaran dapan di download dari
internet dengan cepat dan efisien bahkan ada yang gratis.
Untuk
saat ini internet sangatlah penting dalam dunia pendidikan terutama untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan adanya internet maka akan
memudahkan kita untuk mencari segala yang kita butuhkan. Selain sebagai media
pendidikan, internet juga berguna sebagai media untuk sharing antar pelajar yang pada akhirnya bisa membuat kita
mengetahui kualitas diri kita dengan orang lain, sehingga kita bisa mengetahui
kekurangan dan kelemahan diri kita. Selain dari itu, dengan adanya internet
yang dapat diakses dengan mudah oleh seorang pelajar selain memberikan manfaat
juga dapat mengakibatkan dampak negatif, hal ini tergantung pada tingkat
kemampuan seorang pelajar didalam melakukan pembagian waktu.
Seorang
siswa yang tidak mampu melakukan pembagian waktu yang baik bisa menimbulkan
kelalaian didalam melaksanakan tugas kewajiban seorang siswa yaitu belajar,
karena terlalu asyik menikmati layanan internet. Oleh karena itu, kita harus
bisa memanfaatkan internet ini dengan sebaiknya yang salah satunya kita harus
pandai didalam melakukan pembagian waktu. Seorang siswa yang tidak mampu
membagi waktunya dengan baik, maka akan terjadi kekacauan didalam belajarnya.
Hal ini akan memberikan dampak negatif terhadap prestasinya itu.
II.4 Manfaat dan Dampak Penggunaan Internet
Terhadap Prestasi Siswa
Internet merupakan teknologi yang menyediakan berbagai
informasi dan data yang kita butuhkan. Internet merupakan jaringan
internasional yang dapat menghubungkan komputer-komputer yang ada di dunia.
Jaringan Internet ini dihubungkan oleh jaringan telepon (jaringan
elektromagnetik).
Tentunya setiap teknologi memiliki kekurangan dan kelebihan,
begitu pula dengan internet. Tidak semua infomasi yang ada di internet
menyajikan informasi-informasi yang positif saja tetapi juga terdapat
informasi-informasi yang bersifat negatif. Oleh karena itu, dibawah ini adalah
uraian manfaat dan dampak penggunaan internet :
1.
Manfaat Internet
Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi internet
yang banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi
dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Selain dari itu, dengan adanya
internet seorang siswa bisa mengadakan studi banding dengan sekolah-sekolah
lain seperti tukar-menukar informasi pelajaran maupun yang lainnya, dengan
seperti itu seorang siswa yang memiliki kekurangan didalam pelajaran maupun
prestasi maka dengan sering berkomunikasi dengan siswa yang berprestasi maka
akan memberikan suatu motivasi yang kuat terhadap siswa yang kurang berprestasi
sehinggga siswa yang kurang berprestasi menjadi lebih terpacu semangatnya untuk
lebih giat lagi belajar. Dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www, media
pertukaran data (world wide web) para internet di seluruh dunia dapat saling
bertukar informasi dengan cepat dan murah. Dengan seperti itu, seorang siswa di
suatu negara dengan negara yang lainnya dapat saling bertukar informasi dan
data untuk kemajuan pendidikan.
Media
untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan
www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Hal ini bisa
membuat siswa memiliki pengetahuan yang luas dalam cakupan dunia, sehingga
segala ilmu yang ada di seluruh dunia bisa dipelajari yang pada akhirnya bisa
meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan yang luas di kalangan siswa.
Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga siswa dapat dengan mudah
mencari segala informasi dan data yang mereka butuhkan.
Sebagai lahan informasi yang sangat luas, mudah, dan murah Bersifat interaktif.
Sebagai lahan informasi yang sangat luas, mudah, dan murah Bersifat interaktif.
2. Dampak Negatif
Internet
a.
Merasa membuat siswa malas
Dengan
adanya internet ini cenderung karena mudah untuk mencari apapun di internet,
hal ini mengakibatkan timbulnya rasa malas di kalangan siswa untuk membaca
buku. Yang pada akhirnya timbulah perasaan menganggap mudah terhadap suatu
masalah terutama masalah sekolah. Hal ini juga mengakibatkan kurang diminatinya
membaca buku baik itu di perpustakaan, maupun di tempat-tempat lainnya.
b. Pornografi
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela. Hal ini karena akses internet bersifat bebas dan muda diakses oleh
siapa saja sehingga situs-situs pornografi yang tidak boleh di tonton oleh
kalangan dibawah umur (belum menikah) terutama siswa. Hal ini bisa berdampak
buruk bagi perkembangan prestasi siswa. Akibat dari terkontaminasinya alam
fikiran siswa yang seharusnya berpusat penuh pada belajar menjadi terpusat pada
pornografi yang akan menghancurkan masa depannya. Untuk mengantisipasi hal ini
para produsen web browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk
memilih jenis home-page yang dapat diakses.
Dengan
terdapatnya gambar-gambar pornografi dan kekerasan di internet bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untu bertindak kriminal, tindakan ini
disebut Violence and Gore. Dengan
adanya kekejaman dan kekerasan ini bisa memotivasi pengguna terutama dikalangan
siswa untuk berperilaku seperti yang ada didalam gambar yang mereka lihat. Hal
ini bisa kita lihat dengan banyaknya terjadi tawuran dikalangan siswa yang
salah satunya adalah sebagai dari akibat Violence
and Gore.
c.
Penipuan
Hal
ini merajalela dibidang manapun termasuk internet. Seorang siswa yang memiliki
pengetahuan yang minim akan mudah terpengaruh dengan iklan-iklan yang terdapat
didalam internet yang pada akhirnya akan merugikan mereka sendiri.
d.
Ketergantungan
Dengan
adanya internet ini membuat siswa semakin malas untuk membaca buku yang
memiliki kelengkapan informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan internet.
Hal ini mengakibatkan ketergantungan siswa di dalam menggunakan internet.
II.5 Permasalahan Internet di Dunia Pendidikan
Tidak selamanya internet dapat diperoleh dengan mudah oleh
setiap orang termasuk juga di dunia pendidikan. Tidak semua intelektual dapat
mengoperasikan internet dengan baik, bahkan ada juga yang tidak bisa
menggunakan internet sama sekali. Oleh karena itu, dibawah ini merupakan
hambatan yang terjadi :
a.
Kurangnya penguasaan Bahasa Inggris
Iya atau tidak, sebagian besar informasi di
internet tersedia dengan menggunakan bahasa Inggris. Penguasaan Bahasa Inggris
menjadi salah satu keunggulan. (advantage). Ketika seorang siswa yang hendak
mencari suatu data ataupun informasi di dalam internet sedangkan ia tidak cukup
menguasai bahasa Inggris, maka akan terjadi suatu kekacauan sebagai akibat dari
ketidakpahaman dengan bacaan-bacaan dan informasi yang ada di dalam internet. Untuk
mengatasi hal ini maka orang yang akan mengakses internet paling sedikitnya harus
bisa menguasai dan mengerti Bahasa Inggris agar tidak terjadi misunderstanding di dalam mengakses
internet.
b.
Kurangnya sumber informasi dalam Bahasa Indonesia
Kita
sadari bahwa tidak semua orang Indonesia bisa belajar Bahasa Inggris. Oleh karena
itu sumber informasi dalam Bahasa Indonesia haruslah tersedia. Untuk saat ini
belum banyak sumber informasi pendidikan yang tersedia dalam Bahasa
Indonesia.Walaupun di sekolah-sekolah sekarang ini telah diajarkan Bahasa
Inggris, namun pada kenyataannya tidak sedikit pelajar yang belum bisa
menguasai Bahasa Inggris, yang akibatnya segala informasi yang tersedia di internet
yang disediakan dalam Bahasa Inggris tidak bisa dipahami, yang pada akhirnya
akan menurunkan prestasi belajarnya. Solusi untuk hal ini adalah haruslah
banyak disediakan situs-situs terutama pendidikan yang menggunakan Bahasa
Indonesia didalam memberikan informasinya.
c.
Akses internet masih mahal
Meskipun
sudah tersedia layanan internet, namun untuk biaya akses Internet saat ini
masih mahal. Namun hal ini diharapkan akan menjadi lebih murah dimasa yang akan
datang. Diharapkan terjadi percepatan penurunan harga akses internet yang
menjadi perhatian pemerintah, misalnya dengan memberikan subsidi dari
pemerintah untuk institusi pendidikan.
d.
Akses internet masih susah diperoleh
Mungkin
untuk di kota-kota besar internet bisa dengan mudah diakses, namun pada
kenyataannya masih banyak dibeberapa daerah di Indonesia yang masih berlum
memiliki jalur telepon yang dapat digunakan untuk menakses internet. Yang
akibatnya, siswa atau pelajar yang berada di kota kecil atau pelosok yang belum
tersentuh internet akan ketinggalan informasi, hal ini juga akan berakibat pada
tidak meratanya pembangunan baik itu di bidang pendidikan maupun yang lainnya
antara kota atau daerah yang satu dengan kota atau daerah yang lainnya.
e.
Guru belum siap
Guru
di Indonesia masih belum siap untuk menggunakan internet sebagai bagian dari pengajarannya.
Padahal guru merupakan salah satu pengguna yang dapat memanfaatkan internet
sebaik-baiknya. Guru yang mempunyai keahlian mengakses internet maka di dalam
pengajarannya akan mengikuti perkembangan pendidikan di daerah-daerah lain yang
telah maju sehingga tidak ketinggalan, namun di Indonesia masih banyak guru
yang belum bisa mengakses internet, yang pada akibatnya kurangnya terjadi
pengembangan pembelajaran di sekolah.
Padahal
bagi guru, internet dapat memberikan kontribusi besar bagi perkembangan
pendidikan yang salah satunya adalah internet bisa digunakan untuk mencari
soal-soal latihan untuk kelasnya. Jika setiap guru di Indonesia membuat soal
dua saja dan menyimpannya di internet, maka akan ada ribuan bahkan jutaan soal
yang dapat dipergunakan untuk latihan soal di kelas, sehingga tidak akan
terjadi istilah kekurangan soal di dalam menghadapi pembelajaran.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
III.1 Kesimpulan
Internet merupakan suatu teknologi baru yang bisa
menghubungkan berbagai data dan informasi secara mendunia, yang dimana setiap
orang bisa dengan bebas mengaksesnya. Internet dalam bidang pendidikan
memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan pendidikan khususnya di
Indonesia. Dengan adanya internet maka bisa meningkatkan mutu kualitas bangsa,
khususnya pelajar. Dengan adanya internet ini maka akan memberikan pengaruh
yang positif terhadap prestasi siswa.
Hal ini disebabkan oleh dengan adanya internet, maka dapat
memudahkan siswa,baik itu mengerjakan tugas sekolahnya maupun untuk mencari
berbagai informasi dan pengetahuan yang ada didalam internet. Dengan demikian
seorang siswa yang sering membuka internet terutama membuka situs-situs
pendidikan maka akan membuat dirinya itu memiliki wawasan yang luas, dan tidak
akan ketinggalan dengan kemajuan zaman, yang akhirnya akan berimbas pada
peningkatan nilai prestasi siswa tersebut. Namun selain dari manfaat, internet
juga memiliki dampak negatif bagi orang yang menggunakannya. Apakah internet
itu memberikan manfaat untuk kita atau dampak negatif bagi itu semua tergantung
pada diri kita sendiri. Apabila internet digunakan untuk meningkatkan prestasi
kita, maka akan memberikan banyak manfaat untuk kita. Namun apabila digunakan
untuk sesuatu yang negatif maka akan memberikan dampak yang negatif juga untuk
diri kita.
III.2 Saran
Dari uraian diatas penulis berharap agar kita bisa
memanfaatkan segala teknologi yang ada termasuk internet untuk kemajuan bangsa.
Karena kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh tingkat kualitas pendidikan. Suatu
teknologi akan mengakibatkan apa saja, itu semua tergantung pada diri kita
masing-masing. Jangan mempergunakan internet untuk sesuatu yang dapat merugikan
orang lain, atau dapat menimbulkan suatu masalah. Manfaatkanlah internet sebagai
media pembelajaran dalam rangka menuju masa depan yang cerah dengan pengetahuan
yang luas dan kritis.
DAFTAR
PUSTAKA
Ajibb.2012.Internet
dalam
pembelajaran.http://www.slideshare.net/ajibb/internet-dalam-pembelajaran.Diakses
tanggal 24 April 2012 (online)
Blog.Sumber
belajar melalui internet.http://www.latihanblog9.blogspot.com.Diakses tanggal
24 April 2012 (online)
Bulletin.2012.Minat
siswa belajar internet.http//www.bulletin-it.blogspot.com.Diakses tanggal 24
April 2012 (online)
Ibrahim,Maulana.2012.Pemanfaatan
internet sebagai media pembelajaran di SMPN02
Malang.http://independent.academia.edu/MaulanaIbrahim/Papers/811139/PEMANFAATAN
INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMPN 02 MALANG.Diakses tanggal 24 April
2012 (online)
Joddy.2012.Pembelajaran
internet.http://www.joddy28.wordpress.com.Diakses tanggal 24 April 2012
(online)
Soul.2012.Penggunaan
internet.http://www.19souleternity.wordpress.com.Diakses tanggal 24 April 2012
(online)
Yulisky.2012.Jaringan
internet.http://www.yulisky91.blogspot.com.Diakses tanggal 24 April 2012
(online)
Wikipedia.2012.Perkembangan
internet masa kini.http://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan internet masa
kini.Diakses tanggal 24 April 2012 (online)
Yudha.2012.Pengajaran
internet oleh guru.http//www.myudhaps.wordpress.com.Diakses tanggal 24 April
2012 (online)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar